Rabu, 17 Desember 2014

MATERIAL BMX


BMX yang BAGUS TERBUAT DARI APA yaah MATERIAL nya ????

FRAME / RANGKA BMX STREET & FLATLAND umum nya menggunakan bahan CROMOLY Dan HIGH TENSILE (hi- ten).Sedangkan  BMX CROSS/ RACE umum nya berbahan ALMUNIUM

sampai saat ini bahan material bmx yg paling bagus untuk tipe street maupun flatland masih yg berbahan  CROMOLY / CRMO SEAMLESS


Perbedaan Rangka "Frame" Sepeda BMX Hi-tensile steel (Hi-ten) dan Chromoly

Sebenarnya (Chromium Molibdenum) itu masih dalam keluarga steel alias besi. bahan dasarnya besi. kalo diliat dari sisi kekuatan, dengan ketebalan pipa yang sama chromoly bisa dua ato bahkan tiga kali lebih kuat dari pada Hi-ten. tapi karena yang dicari adalah bobot yang ringan maka frame chromoly pipanya ditipisin sehingga bobotnya lebih enteng tapi kekuatannya bisa sama ato bahkan lebih dibanding Hi-ten.

frame yang bagus itu selain bahannya, juga mesti diperhatiin bahan pipanya,, desain, dan tekhnik pengerjaan/pengolahannya,. ngelas frame chromoly itu nggak bisa sembarangan, mesti pake TIG welding (tungsten inert gas welding) yang alatnya cukup mahal dan hanya sedikit tempat las yang punya karena biasanya di pabrik2 besar, selain dari las TIG, masih bisa ( pake karbit )tapi gak akan kuat.

Untuk itu sebaiknya jangan mudah percaya jika ada builder frame custom yang ngaku bisa bikin frame chromoly pake las argon ato alat las laen selain TIG. (setau saya hanya ada beberapa saja )

chromoly sendiri juga ada gradenya, pipa chromoly keluaran Amerika (supertherm), Jepang (Sanko, Mugen), ato Taiwan masih lebih kuat daripada chromoly Cina (kalo lokal ane belom tau, soalnya belom pernah coba). bedanya ,biasanya diracikan bahan sama heat treatment-nya yaitu pemanasan pipa sebelum dan sesudah dibuat jadi frame. 
Frame yang bagus biasanya di heat treatment sebelum (ketika masih berbentuk pipa2) dan sesudah dilas supaya las2annya senyawa. untuk meringankan bobot frame biasanya bagian yang ditipisin adalah bagian pipa yang gak kena las, sedangkan yang kena las dibuat lebih tebel, teknik ini biasa disebut butting. sedangkan untuk desain frame hampir semua frame aftermarket mirip2 dan kekuatannya hampir sama.
tapi untuk patokan kasarnya kalo frame udah terlalu enteng (di bawah dua kilo) maka kekuatannya diragukan karena kemungkinan pipa yang dipake terlalu tipis. --beberapa frame inport ada yg berat nya cuma 1,8 kg ringan banget , dan di buat dengan riset yg sempurna --cocok buat pemain bmx yg sudah 'halus' main nya.( frame merk amity ruso sekitar 1,8kg)
 frame after market lawan mutilasian ?? bagus mana ?? ini jawab nya ---karena segala kerumitan dalam bahan dan pengolahan makanya frame aftermarket itu lebih mahal, sedangkan frame bawaan fullbike/mutilasian/, walaupun full chromo gak akan sekuat frame aftermarket karena gak diheat-treatment.umum nya seperti itu ....

cromoly sendiri lebih mahal di banding hi ten
dan dari pembuatan tubing nya ada yg CROMOLY SEAMLESS 
yaitu pembuatan pipa nya di tarik / di sedot dari bongkahan crmoly hingga berbentuk pipa 
sedang CROMOLY WELDED Cara pembuatan tubing nya di gulung ..jadi di dalam pipa nya seperti terdapat lipatan/sambungan pipa..
bahan material hi ten /cromoly TIDAK BISA DI BEDAIN  hanya dengan di lihat / di sentil .harus di uji di Lab ,sebaik nya....maka nya setiap pabrikan pasti kasih info di poduk yg di jual nya via situs resmi nya ,,...contoh ..mampir lah ke web wethepeople.de untuk produk wtp dan web BMX resmi lain nya BAHKAN polygon indonesia pun ada web resmi nya

 FRAME yg memakai bahan HI TEN  contoh: merk EASTERN seri NIGTHSWAP 
FRAME yg bahan nya perpaduan hi-ten dan cromoly (Downtube).contoh WTP seri ARCADE dan JUSTICE
FRAME yg memakai bahan FULL CROMOLY contoh : merk EASTERN seri MOTRHA , merk WTP seri CRYSIS ,
FRAME yg memakai bahan CROMOLY SEAMLES contoh : WTP seri MAGMA SLEEPLEES ,STERLING ,IRISH ,CREAM dan beberapa brand LAIN..


bmx cross /race ALMUNIUM 


sifat dari almunium ringan dan juga kuat .maka untuk frame cross / race rata rata mengggunakan bahan ini.
 
ini beda foto las pabrikan dan las karbit
yg bertanda kuning las pabrikan argon /las tig--- ciri ciri nya rapi dan kecil kecil
sedangkan yg bertanda lebar LAS karbit lokal -- ciri ciri nya lebar dan sedikit kasar

Dan ini contoh las frame di almunium --ciri nya sama seperti las karbit lebar --tapi bisa di lihat dari bahan yg ringan ..ciri khas almunium




SEMOGA BERMANFAAT .. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar